Aksara Batak Toba

Atau Belajar aksara batak toba dalam format PDF.

Sama halnya saat kita baru belajar membaca dan menulis, kita disuruh untuk bisa menghafal abjad A – Z, ada vokal dan ada konsonan, ke 26 abjad tersebut harus bisa kita hafal secara luar kepala. Begitu juga dengan Aksara Batak, bila kita ingin menguasai aksara batak, yang pertama yang harus bisa kita kuasai adalah,  yang disebut dengan:

Ina ni Surat adalah: Induk dari surat batak, yang merupakan huruf-huruf pembentuk, yang menjadi huruf dasar dalam penulisan aksara batak.

Ada 19 ina ni surat, ina ni surat tersebut adalah: A,  Ha, Ma, Na, Ra, Ta, Sa, Da, Ga, Ja, La, Pa, Ba, NGa, NYa, Wa, Ya, I dan U

Untuk lebih cepat mengingat ke 19 Ina ni surat ini, kita kelompokkan menjadi beberapa kata yang mempunyai arti.

1. AhaMaNaRaTa ?? ( apa saja kah yang hijau itu?? )

2. SaDaGaJa. ( Seekor gajah )

3. BaNga ( Saya artikan berasal dari kata burung Bangau )

4. LaPa ( Saya artikan berasal dari kata SALAPA, yang artinya Selapa, yaitu tempat tembakau dari kuningan atau dari perak, atau Tempat Sirih orang tua dulu disebut dengan Salapa.

5. NyaWa: Ya, I, U ( Nyawa si Yayan…, si Iin… dan si Uun… lagi dipertaruhkan di blog ini (hehehe……)

Ina ni surat batak toba

Ina ni surat batak toba

Setiap satu lambang huruf batak (ina ni surat) di atas, sudah terdiri dari dua abjad (Konsonan dan Vokal dasar [a]) dan pengucapanyapun sudah menjadi sebuah penggalan suku kata yang memantulkan suara / gaung [a] (Mrsaringar [a] ) KECUALI: Ina ni surat (A, I  dan U).

Vokal dasar [a] dari ina ni surat bisa diubah-ubah dengan tanda diakritis atau yang disebut dengan anak ni surat, sehingga pengucapanya/lafalnya ( saringarnya) menjadi berubah.

II. Anak ni Surat

Anak ni surat dalam aksara Batak adalah komponen fonetis yang disisipkan dalam ina ni surat (tanda diakritik) yang berfungsi untuk mengubah pengucapan/lafal dari ina ni surat (pantulan suara, gaung atau Saringar) dari Inani surat. Tanda diakritik tersebut dapat berupa tanda Vokalisasi, Nasalisasi atau Frikatif.

III. Pangolat dan Tanda baca

Pangolat, arti dalam bahasa indonesia adalah sebagai alat pemukul, alat pengusir, yaitu tanda yang berfungsi untuk menghilangkan vokal dasar [a] dari ina ni surat, sehingga yang tinggal hanya konsonannya saja.

Tanda baca “pangujungui” dalam bahasa Indonesia adalah tanda untuk mengakhiri kalimat, yaitu sama dengan tanda TITIK.

anak ni surat dan tanda baca

anak ni surat dan tanda baca

Mari menulis dengan aksara batak toba

Seperti yang sudah diterangkan di atas, bahwa Ina ni surat  telah menjadi sebuah penggalan suku kata dengan vokal dasar [a], (saringar [a]), (Kecuali A, I dan U), maka dengan menambahkan anak ni surat, saringar dari penggalan suku kata itu akan berubah sesuai dengan anak ni surat yang kita sisipkan itu. Ina ni surat yang telah mengalami penyisipan anak ni surat, maka vokal dasar [a] dari ina ni surat itu menjadi hilang.

Anak ni surat bisa kita sisipkan ke ina ni surat dua (2)  sekaligus, sehingga penggalan suku kata yang kita buat menjadi mengandung saringar dari kedua anak ni surat yang kita sisipkan itu

Ina ni Surat menyisipkan anak ni surat

Ina ni Surat menyisipkan anak ni surat

Kalimat yang didahului dengan suku kata dari huruf hidup seperti “A”, “I”, “U” dapat dilakukan dengan langsung memakai ina ni surat a,I dan u . sedangkan kalimat yang didahului dengan “E” dan “O” dapat dilakukan dengan menambahkan anak ni surat pada ina ni surat “A”. [a]

Contoh:

a

ae

ao

I

u

a

e

o

i

u

Huruf yang serupa dan yang tidak ada dalam aksara Batak Toba:

Ca = Sa  = [s]

Ka = Ha = [h]

Sedangkan huruf yang tidak ada  dalam aksara batak toba adalah:

F, V, Q, X dan Z

Dalam bahasa batak, ke empat huruf di atas tidak akan pernah kita jumpai. Bila kita menjumpai orang memakai bahasa batak memakai keempat huruf di atas, itu bukan lagi bahasa batak yang asli.

Contoh:   Sifat nadenggan ( Pangalaho nadenggan)

Contoh aksara batak yang memakai anak ni surat dan pangolat.

  1. Horas tano batak

hors` tno btkh` ~

  1. Ai napogos do hami, holan gadong do pabalgahon au.

aai npogso` do hmi holn` gdo] do pbl`ghno` au ~

  1. Eme ni simbolon,  inang nalambok malilung.

aeme nismi`bolno` In] nlm`bho` mliL] ~

  1. Opat do pat ni horbo

aopt` do pt` ni hro`bo ~

  1. Indahan nalas, aek sitio-tio

In`dhn` nls` ,aaekkkkkh` sitoao tiao ~

  1. Unang pola marsak ho inang.

un] pol mr`sh` ho In] ~

Ccatatan.

Untuk membuat sebuah tulisan dengan aksara batak harus mengikuti kata per suku kata, sesuai dengan arti yang ingin kita maksud, sehingga kita bisa menentukan apakah kita harus memakai ina ni surat atau menyisipkan anak ni surut.

4 Balasan ke Aksara Batak Toba

  1. terry hakeem berkata:

    please check this link http://marsada-marsadamarsiurupannasadongan.blogspot.com/2012/02/font-aksara-batak-toba-telah-bisa.html

    disitu tertulis ina surat : “a ha na ra ta ba wa i ma nga la sa da ga ja u ya nya”
    arti harafiahnya: “apa yg membuat seseorang membunuh seekor gajah dengan tega”
    ini bukti bahwa sejak dulu orang batak peduli pada gajah

    • Terimakasih atas kunjungan Terry di Blog ini.
      Masalah urutan “Ina ni Surat” yg punya arti harafiah seperti yg Terry sebut, saya belum pernah mengetahui dan baru ini saya mengetahui hal itu.
      Masalah urutan Ina ni Surat yg saya publishkan di Blog ini, itu hanya sekedar kreatifitas saya sendiri (tidak ada asal usulnya) untuk membantu saya dan mungkin juga para pembaca di Blog ini untuk lebih gampang mengingat setiap ina ni surat yg ada. Setiap orang pasti punya cara masing-masing untuk menghafal sesuatu.

  2. Grace Winda berkata:

    mauliate godang amangboru udah ngepost aksara batak. saya tidak perlu khawatir kalau-kalau lupa aksara batak. sekarang saya bisa belajar kapanpun

  3. Johannes situmeang berkata:

    Sebuah keberuntungan bagi saya dan siapa saja yg punya darah batak untuk mengetahui asal usulnya dengan adanya “BLOG”ini.Supaya lebih menghormati sesama suku batak walau dimanapun berada.Terimkasih banyak bang…..

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s